Mesuji diperhatikan, Papua tidak. Yorrys: Diskriminasi!

Jakarta - Anggota DPR RI, yang juga putra daerah Papua, Yorrys Raweyai, mengeluhkan adanya diskriminasi terhadap masyarakat Papua oleh pemerintah dan DPR. Hal itu dikatakan Yorrys kepada gresnews.com terkait rencana pembentukan Panitia Kerja DPR RI terhadap kasus Mesuji, Lampung.

"Telah terjadi diskriminasi terhadap masyarakat Papua. Kenapa DPR RI bisa kunjungi Mesuji karena pembantaian warga, sementara bila terjadi masalah di Papua atau Papua Barat, eksekutif maupun legislatif tak berbuat apa-apa, tidak membentuk Panja, tidak pernah mengunjungi Papua atau Papua Barat," kata Yorrys, di Jakarta, Selasa (20/12).

Politisi Golkar itu menambahkan, apa yang terjadi selama ini di Papua maupun Papua Barat, selalu luput dari perhatian eksekutif maupun legislatif.

"Apa bedanya bila terjadi pelanggaran HAM di Mesuji dengan apa yang terjadi di Papua? Apa masyarakat Papua itu bukan warga Indonesia?" ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, Komisi III DPR RI akan membentuk Panja kasus Mesuji. Bahkan, Komisi III DPR RI meninjau langsung lokasi kejadian dan melakukan rapat dengan pemda setempat serta aparat penegak hukum. Sementara, bila terjadi sesuatu di Papua, tak ada langkah konkret dari legislatif maupun eksekutif.

Reporter : Zulkifli SKB (skb@gresnews.com)
Editor : Agustinus Edy Kristianto (agustinus@gresnews.com)

Sumber : http://www.gresnews.com

sazabi666 20 Dec, 2011