Hindari Konflik Dengan Paten Apple, Motorola Ubah Viewer Foto Android?

Quote:

CALIFORNIA (KRjogja.com) - Apple kemungkinan akan memenangkan sengketa paten terhadap Motorola, yang terkait dengan scrolling galeri foto pada perangkat layar sentuh.

Ahli properti intelektual Florian Mueller dengan FOSS Patent menggunakan ungkapan, 'war of attrition', untuk menggambarkan konflik yang berkepanjangan atara Apple dengan pembuat handset berbasis Android. Dia mengungkapkan, pengadilan Jerman pekan ini mendengarkan penuntutan perkara hukum antara Apple dan Motorola, di mana galeri foto Android kemungkinan melanggar paten Apple.

"Pengadilan tidak memiliki banyak keraguan tentang validitas paten ini, dan bisa dibilang yakin bahwa galeri foto Andorid merupakan pelanggaran paten. Setidaknya pada mode 'zoom in' dan kemungkinan meskipun ini belum bisa dipastikan yaitu pada mode zoom out," tulis Muller, seperi dilansir Apple Insider, Sabtu (24/12/2011).

Paten yang dimaksud adalah European Patent 2059868, dengan judul 'Portable Electronic Device for Photo Management'.

Kemungkinan kemenangan Apple nanti, membuat Motorola harus memodifikasi perangkat lunak dan bekerja di sekitar ide-ide original Apple.

Begitu juga dengan yang terjadi pada HTC, yang dinilai telah melanggar paten Apple oleh International Trade Commission (ITC). Sehari setelah putusan itu, HTC dikabarkan telah melakukan pengujian terhadap ponsel yang bekerja di sekitar kekayaan intelektual Apple dan tidak akan melanggarnya.

Mengalahkan HTC, bukanlah satu-satunya kemenangan Apple. Perusahaan tersebut juga telah merengkuh kemenangan awal melawan Samsung, untuk desain iPhone dan iPad yang dipatenkan. Sehingga membuat Samsung, mendesain ulang Galaxy Tab 10.1 di Jerman.

Menurut Muller, 'war of attrition' Apple mungkin tidak memiliki dampak langsung pada Android dan pembuat handset saingannya.

"Sementara satu atau dua kemenangan semacam ini tidak akan cukup untuk mengubah preferensi pengguna. Tapi efek keseluruhan dari penegakan setengah lusin atau lebih dari paten semacam ini bisa membuat perbedaan yang berarti dalam pengalaman pengguna," tandas Muller.

Sumber: http://krjogja.com/read/112548/hinda...oto-android.kr

Lebih baik Motorola mengalah saja daripada bersitegang dengan peruahaan 'Cadas' macam Apple.

ZaidSeptember 25 Dec, 2011