Angkatan Bersenjata Libya serap para "Naga bonar"

JAKARTA: Masih ingat dengan kisah Naga Bonar yang ditulis Asrul Sani? Mantan copet yang jadi jenderal yang diperankan Deddy Mizwar? Sebentar lagi Angkatan Bersenjata Libya berisi ribuan Naga Bonar.

Demi menyelesaikan konflik internal di tubuh ketentaraan Libya yang kacau balau, akhirnya diambil kesepakatan menampung ribuan pentolan pemberontak yang berperan dalam penggulingan Muamar Kadhafi.

Menurut Depertemen Pertahanan Libya, seperti dikutip dari Jerusalem Post, para jenderal Naga Bonar itu resmi berbaju militer Libya mulai Januari mendatang. Keputusan itu sekaligus memastikan para pentolan pemberontak untuk mengendalikan pasukannya.

Meskipun pemberontak telah dikenai tenggat waktu oleh Dewan Transisi Nasional (NTC) untuk mundur dari Tripoli mulai pekan ini, milisi yang dipimpin oleh para komandan pemberontak itu masih menjaga instalasi penting dan pos pemeriksaan di seluruh kota.

Kurangnya fungsi tentara dan polisi telah membuat milisi berbuat onar setelah pemberontakan yang menumbangkan kediktatoran 42 tahun Kadhafi pada Agustus lalu.

"Program ini menampung termasuk para milisi di berbagai bidang termasuk pertahanan," ujar menteri pertahanan sementara, Osama al-Juwali.

Ketegangan memang masih saja terjadi di Libya, dua bulan setelah mantan Kadhafi tewas. Pemerintahan baru Libya hingga kini masih belum sepenuhnya berhasil memulihkan keamanan. Keributan terjadi akibat sejumlah wilayah yang diserahkan kepada milisi, sehingga berbuntut perebutan kekuasaan di antara mereka.

Kekerasan di Kota Janzour, 17 km barat Tripoli, menjadi bukti tak seluruhnya kepentingan masing-masing suku yang membentuk milisi terakomodasi dalam kehidupan berbangsa. Upaya merangkul seluruh kepentingan hingga kini masih diupayakan pemerintahan baru Libya. (tw)

sumber

[imagetag]

semoga "Naga Bonar"nya Libya bisa seperti Naga Bonar yang diperankan oleh Dedi Mizwar deh :o


Black-Horse 26 Dec, 2011