[Reformasi Kepolisisan MACET !!!] Independensi Polri Dipertanyakan



Penanganan unjuk rasa yang mengakibatkan dua orang tewas di Sape, Bima, Nusa Tenggara Barat, membuat Polri menuai kritik.

"Tindakan aparat kepolisian di Sape, Bima, di luar batas kewenangannya sebagai pelindung dan pengayom masyarakat,:" kata Indriaswati Dyah Saptaningrum, Direktur Eksekutif Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (Elsam) dalam pernyataan pers yang dikeluarkan di Jakarta, Senin (26/12/12).

Ditegaskan Dyah, profesionalitas dan independensi Kepolisian Republik Indonesia kembali dipertanyakan.

Menurut data yang didapat Elsam, pada 24 Desember 2011, aparat Kepolisian Resort Bima dan Brimob Polda NTB melakukan penembakan dan kekerasan terhadap warga masyarakat yang tergabung dalam Front Rakyat Anti Tambang (FRAT), yang memblokade pelabuhan Sape.

Warga masyarakat menolak kehadiran perusahaan tambang emas PT Sumber Mineral Nusantara (SMN), yang dianggapnya akan merusak dan membahayakan lingkungan dan mata pencaharian masyarakat.

Sebaliknya Kepala Divisi Humas Mabes Polri Inspektur Jenderal Saud Usman Nasution, mengatakan, polisi bertindak karena pendudukan fasilitas publik telah mengganggu kepentingan masyarakat lain.

Polri juga tidak berurusan dengan masalah pertambangan, karena urusan pertambangan adalah urusan antara pemda dan masyarakat. Jika ada masalah seharusnya diselesaikan sesuai mekanisme.

Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (Elsam) menilai bahwa apa yang dilakukan aparat Kepolisian Republik Indonesia, dalam menangani dan mengatasi aksi demonstrasi ini telah melebihi batas tugas dan kewenangannya, bahkan melebihi batas-batas kemanusiaan.

Tindakan aparat kepolisian tersebut mencerminkan arogansi dan keterasingan Kepolisian dari masyarakat. Aparat kepolisian seharusnya tetap melakukan upaya persuasif terhadap para demonstran.

Dalam peristiwa di Bima ini, aparat kepolisian ibarat benalu yang tumbuh bersama-sama dengan tumbuhan, yang akhirnya justru menggerogotinya.

Kepolisian Republik Indonesia tumbuh dan berkembang bersama-sama dari rakyat Indonesia, tetapi kemudian menjadi pembunuh masyarakatnya sendiri (destroy the fabric of society).

Mereka lupa bahwa pada akhirnya mereka akan turut terkubur juga bersama-sama dengan matinya "pohon Indonesia" yang mereka cederai dan gerogoti selama ini.

Elsam menilai bahwa dalam penanganan aksi demonstrasi di Bima ini, aparat kepolisian telah mengabaikan bahkan melanggar berbagai prinsip dan standar hak asasi manusia yang diakui dan berlaku di Indonesia.

Sejumlah pelanggaran hak asasi yang dilakukan, khususnya hak hidup dan hak atas keamanan diri pribadi, yang telah diatur di dalam UUD 1945; UU Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia; UU Nomor 5 Tahun 1998 tentang Ratifikasi Konvensi Menentang Penyiksaan dan Perlakuan atau Penghukuman Lain yang Kejam, Tidak Manusiawi dan Merendahkan Martabat; UU Nomor 12 Tahun 2005 tentang Ratifikasi Kovenan Hak-hak Sipil dan Politik, serta Deklarasi Kuba tentang Prinsip-prinsip Penggunaan Senjata Api oleh Aparat.

Selain itu, aparat kepolisian juga telah mengabaikan dan melanggar prinsip yang dibuatnya sendiri, seperti Perkap Nomor 24 Tahun 2007 tentang Sistem Manajemen, Pengamanan dan Organisasi, Perusahaan dan atau Instansi/Lembaga Pemerintah; Protap 01/2010 tentang Simulasi Penanganan Unjuk Rasa Anarkis dan yang paling penting, Protap Nomor 8 Tahun 2009 tentang Prinsip dan Standar Hak Asasi Manusia Dalam Implementasi Tugas-tugas Polri.

==============================================

Profesionalisme Kepolisian cuma jadi nyanyian di media massa, buat memanipulasi pengetahuan dan kesadaran masyarakatnya. Membubarkan, Melumpuhkan dan mengamankan TIDAK SAMA dengan MEMBUNUH !!! Kalo mau jadi hakim jgn jadi POLISI.

turiputih 26 Dec, 2011