23 Perusahaan Pembina Tenaga Kerja Wanita Terbaik

108CSR.com - Pemerintah mendorong perusahaan-perusahaan di seluruh tanah air agar tidak berlaku diskriminatif dan benar-benar memberikan perhatian khusus terhadap pemenuhan hak-hak khusus pekerja perempuan. Demikian ditegaskan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans), Muhaimin Iskandar.

Dikatakan, upaya perlindungan khusus kepada pekerja perempuan diperlukan sebagai salah satu bentuk untuk mewujudkan kesetaraan gender. Upaya perlindungan ini diberikan sesuai dengan kekhususan yang dimiliki kaum perempuan.

"Perusahaan-perusahaan harus memperhatikan berbagai keistimewaan yang khas yang menjadi hak dasar Pekerja perempuan. Mereka memiliki hak khusus seperti hak cuti hamil, hak cuti melahirkan, hak cuti tertentu sebagai kodrat perempuan," kata Muhaimin saat menyerahkan penghargaan kepada 23 perusahaan yang berasal dari seluruh Indonesia sebagai Pembina Terbaik Tenaga Kerja Perempuan Tingkat Provinsi tahun 2011.

Ia menegaskan, dalam hubungan kerja, tidak boleh ada perlakuan diskriminasi terhadap pekerja perempuan terutama dalam pemberian upah, tunjangan keluarga dan jaminan sosial, kesempatan mengikuti pelatihan serta promosi jabatan. "Pemenuhan hak tersebut tidak boleh berlaku diskriminatif," kata Muhaimin.

Muhaimin menegaskan, perlunya perlindungan kepada pekerja perempuan khususnya yang dipekerjakan pada malam hari. Jaminan keamanan melalui penyediaan petugas keamanan di tempat kerja, kamar mandi dengan penerangan yang layak serta fasilitas antar jemput bagi buruh perempuan adalah bentuk perhatian khusus dari pihak perusahaan.

Muhaimin juga mengimbau kepada para Kepala Dinas yang membidangi ketenagakerjaan di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota untuk dapat menggerakkan pihak Perusahaan agar terus mengusahakan fasilitas penunjang bagi buruh perempuan, seperti ruang laktasi atau menyusui bagi para ibu dan tempat penitipan anak. "Berbagai bentuk perlindungan dan faktor penunjang kenyamanan bekerja bagi pekerja perempuan akan mengarah kepada peningkatan produktivitas kerja," kata Muhaimin.

Muhaimin mengatakan, sampai saat ini tingkat partisipasi tenaga kerja perempuan yang masih rendah daripada pria patut mendapat perhatian khusus. Menurut data BPS, sampai Februari 2011, berdasarkan jenis kelamin, jumlah laki-Iaki yang bekerja masih lebih banyak daripada perempuan yaitu 60,77% dari jumlah penduduk yang bekerja.

Tetapi ketika banyak pabrik kehilangan order karena dampak krisis financial, sehingga banyak pekerja laki-Iaki terkena pemutusan hubungan kerja, maka kaum perempuan terpaksa keluar dari rutinitas rumah tangga dan bekerja untuk dapat menutupi kebutuhan keluarga. "Potensi pekerja perempuan di Indonesia sangatlah besar. Sektor industry khususnya tekstil dan garmen, perdagangan, hotel dan restoran, membutuhkan lebih banyak pekerja perempuan," kata Muhaimin. (ary/int)

23 Perusahaan Pembina Terbaik Tenaga Kerja Perempuan
1. PTPN III Sei Dadap Kab. Asahan, Sumatera Utara
2. PTP VI Unit Danau Kembar, Kab. Solok, Sumatera Barat
3. PT Indofood Sukses Makmur, Palembang, Sumatera Selatan
4. PT Ridho Pratama, Kota Bengkulu, Bengkulu
5. PT Sari Adityaloka I (SAL I), Kab. Merangin, Jambi
6. PT Central Pertiwi Bahari, Kab Lampung Selatan, Lampung
7. PT Chevron Pasific Indonesia, Riau
8. PT Panasonic Sikoku, Batam, Kep. Riau
9. PT Bumi Permai Lestari, Kab. Bangka Barat, Bangka Belitung
10.PT Nikomas Gemilang, Kab. Serang, Banten
11.PT Mustika Ratu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta
12.PT Feng Tay Indonesia, Kab. Bandung, Jawa Barat
13.PT Sido Muncul, Kab. Semarang, Jawa Tengah
14.PT Cipta Sarina Visi, Kab. Sleman, DI Yogyakarta
15.PTPN XII Kebun Bantaran, Kab. Blitar, Jawa Timur
16.PT Purnama Sari, Batu Bulan Ginanyar, Bali
17.PT Transnusa Aviation Mandiri, Kupang, NTT
18.PT Indofood Sukses Makmur, Pontianak, Kalimantan barat
19.PT REA KALTIM, Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur
20.PT Kerry Sawit Indonesia, Kab. Seruyan, Kalimantan Tengah
21.PT Sinar Abadi, Palu, Sulawesi Tengah
22.BPD.Putera, Kendari, Sulawesi Tenggara
23.PT Sumber Daya Wahana, Maluku Tengah, Maluku

sumber

komen ts: jika pembinaan baik yang untung kan perusahaan juga :D

abdulcoy 24 Dec, 2011