[berita] MPR Habiskan Rp 432 Juta untuk Berita Foto Kegiatan

FITRA: MPR Habiskan Rp 432 Juta untuk Berita Foto Kegiatan
Senin, 26 Desember 2011 11:23 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA --Pimpinan DPD kena kritik karena menggunakan anggaran Rp 51 miliar sepanjang 2011 untuk kegiatan seremonial. Ternyata, menurut Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA), selain DPD, lembaga MPR pun demikian.

FITRA mengkritisi penyerapan anggaran 2011 oleh pimpinan MPR senilai Rp 34 Miliar. Uchok menjelaskan alokasi anggaran yang terbesar diperuntukkan kunjungan kerja pimpinan MPR ke daerah dengan memperoleh alokasi anggaran sebesar Rp 10.6 miliar. Sementara untuk perjalanan pimpinan ke negara sahabat menyerap anggaran sebesar Rp 9 miliar.

Uchok juga mengungkapkan MPR pun menghabiskan anggaran besar sebagai penerimaa tamu MPR dari luar negeri, yakni sebesar Rp 3,2 Miliar. Sementara penerima tamu dalam negeri untuk ketua MPR yang mempunyai alokasi anggaran sebesar Rp 678 juta, serta penerima tamu atau delegasi untuk wakil ketua MPR mempunyai alokasi anggaran sebesar Rp 1.8 miliar.

Operasional anggaran ketua lembaga MPR dialokasi anggaran sebesar Rp 2.2 miliar, dan tentu ada juga yang namanya alokasi anggaaran untuk pengawalan pimpinan sebesar Rp 1.2 miliar. Terakhir adalah alokasi anggaran untuk pemuatan rubrik dan liputan kegiatan pimpinan sebesar Rp 3.6 miliar, dan pemuatan berita foto kegiatan pimpinan sebesar Rp 432 juta

FITRA pun meminta kepada MPR dan DPD untuk memimalkan alokasi anggaran buat kedua pimpinan lembaga tersebut. Menurut Uchok, alokasi sebesar puluhan miliar untuk kegiatan seremonial hanya penyangkit pomborosan. "Penyangkit ini hanya akan menghambur-hambur duit pembayar pajak yang tidak bisa dimaafkan lantaran uang sebesar ini hanya diperuntuk untuk kegiatan acara-acara seremonial saja,"jelasnya.
Redaktur: Stevy Maradona
Reporter: Syalaby Ichsan

sumber: http://www.republika.co.id/berita/na...-foto-kegiatan
=========================
begitu mudahnya anggota dewan membuat dan menghabiskan anggaran dengan nominal, yang membuat rakyat kecil
jadi pusing membayangkan deretan nol nya..
sungguh luar biasa, jika dibandingkan dengan kinerja dan hasilnya...

turiputih 26 Dec, 2011