Siapkan Pengajuan Proposal 2012, Astra Bagi Dana CSR Rp400 Miliar

[imagetag]
Selain meningkatkan produksi dan pelayanan, perusahaan otomotif PT. Astra International Tbk tetap komitmen melaksanakan tanggungjawab sosial yang berkelanjutan setiap tahunnya.

Untuk itu tahun depan 2012, PT Astra International Tbk telah menyiapkan dana untuk kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR)-nya senilai Rp 400 miliar.Dana tersebut akan dipergunakan untuk program pendidikan, lingkungan, kesehatan, pemeberdayaan ekonomi serta donasi bencana alam.

Prijono Sugiarto, Presiden Direktur Astra menuturkan, setiap tahun Astra menyisihkan 3% dari profit perusahaan untuk menjalankan CSR. Dana tersebut dihimpun dari 156 perusahaan yang berada di bawah Grup Astra. "Kebanyakan program CSR Astra diselenggarakan di lokasi di mana anak-anak perusahaan Astra beroperasi," ujar Prijono, Sabtu (24/12).

Beberapa kegiatan CSR Astra yang telah dan sedang dilakukan antara lain yaitu pemberian bantuan berupa pembinaan di 8 sekolah yang terletak di Kecamatan Leuwiliang, Kebupaten Bogor mencapai lebih dari Rp 12 miliar.

Bantuan korban gempa bumi Jawa Barat tahun 2009 sebesar Rp 3,15 miliar meliputi program jangkan pendek berupa makanan, pakaian, obat-obatan, tenda dan selimut di Kabupaten Garut, Bandung, dan Tasikmalaya.

Bantuan Toyota-Techinal Education Program (T-TEP) yang dilakukan oleh PT Toyota Astra Motor sejak tahun 2006 hingga sekarang melalui pendampingan SMKN 6, Kliningan, Buah Batu, Bandung, dengan pemberian alat peraga, penyusunan kurikulum dan pelatihan guru.

Kemudian PT Astra Daihatsu Motor memberikan bantuan mesin ke 10 sekolah di Jawa Barat. Selain itu, ADM juga membangun 3 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Desa Cibodas, Lembang, dan sumbangan buku bacaan dan alat permainan edukatif serta sumbangan mobil ambulan.

Prijono mengklaim, Grup Astra selalu mengedepankan pendekatan, yang dikenal dengan pendekatan 3P yaitu Profit, Planet (Lingkungan), dan People (Masyarakat). Maksudnya, setiap Astra berbisnis selalu memperhatikan lingkungan dan masyarakat sekitarnya.

"Setiap perusahaan, outlet atau kantor cabang Group Astra berada harus memberikan manfaat bagi masyarakat sekitarnya sesuai dengan salah satu butir filosofi Astra International, Catur Dharma yaitu menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara dan moto Astra yakni sejahtera bersama bangsa," katanya bangga.

SUMBER

Ponden 24 Dec, 2011