Ical : Subsidi BBM Sebuah Tragedi (Bagaimana menurut agan semua?)

JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie (Ical) mengkritik keras pemerintah yang dinilainya menghamburkan uang untuk subsidi bahan bakar minyak (BBM). Padahal susbsidi tersebut tidak tepat sasaran dan dananya harusnya dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur dan kesejahteraan masyarakat lainnya.

"Pembangunan infrastruktur lambat. Ironisnya kita punya dana yang memadai. Kita bukan tak punya anggaran, sekitar Rp250 triliun kita pakai untuk subsidi," ujar Ical dalam pidatonya di acara Membangun Demokrasi, Melahirkan Negarawan di JCC, Jakarta, Rabu (21/12/2011).

Ical mengatakan, subsisi BBM selama ini banyak dinikmati kalangan mampu. Masyarakat miskin hanya sedikit menikmati itu. "Ini adalah pemborosan dan miss alokasi anggaran yang menyedihkan," cetusnya.

Menurut Ical, jika sepertiga dana tersebut dipakai untuk membangun infrastruktur dan pembangunan pro rakyat lain seperti rumah sakit, air bersih, sekolah, dan sebagainya, maka persoalan bangsa ini akan jauh lebih ringan.

Namun, kata Ical, pemerintah tak punya keberanian untuk itu. "Tapi apakah kita punya keberanian untuk masalah ini. Semua orang tahu ini pemborosan tapi semua tidak berani," tegasnya.

Golkar coba memperjuangkan pengalihan subsidi untuk kesejahteraan rakyat, namun gagal karena tidak dapat dukungan. "Inilah salah satu persoalan terbesar kebijakan publik kita. Bahkan bisa dikatakan tragedi kebijakan publik kita," tutupnya. (wdi)

sumber : http://economy.okezone.com/read/2011...sebuah-tragedi

musa1000 21 Dec, 2011