(Hot News) KIM JONG IL Meninggal dunia...

SEOUL, KOMPAS.com — Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Il meninggal dunia pada Sabtu (17/12/2011) dalam sebuah perjalanan dengan kereta api, kantor berita Reuters melaporkan, Senin (19/12/2011).

Seorang pembawa acara televisi Korea Utara yang berbusana hitam mengumumkan kabar kematian itu dengan berlinang air mata, hari ini. Diumumkan bahwa pemimpin berusia 69 tahun itu meninggal karena kelelahan fisik dan mental setelah bekerja terlalu keras untuk memberi "pengarahan di lapangan".

Kim mengalami serangan stroke pada tahun 2008, tetapi dalam beberapa kesempatan terakhir dia tampil dalam kondisi sehat.

Negara tertutup itu sudah memulai peralihan kepemimpinan pada putranya, Kim Jong-un, yang masih cukup muda.

sumber: http://internasional.kompas.com/read....di.Kereta.Api






Televisi pemerintah Korea Utara melaporkan bahwa Pemimpin Tertinggi Kim Jong Il telah meninggal dunia pada usia 69 tahun.

Kim Jong Il meninggal pada hari Sabtu akibat kelelahan fisik dan mental. Beberapa laporan mengatakan ia meninggal karena serangan jantung, dan sedang bepergian dengan kereta api.

Kim Jong Il berkuasa setelah ayahnya, pendiri Korea Utara Kim Il Sung, meninggal pada tahun 1994. Media pemerintah jarang mengeluarkan informasi yang dapat dipercaya mengenai Kim Jong Il. Ia juga jarang muncul di publik dan suaranya jarang disiarkan.

Kim mungkin akan diingat sebagai pemimpin yang meningkatkan program nuklir Korea Utara, sementara jutaan warganya menderita kelaparan.

Akhir tahun lalu, Kim mempromosikan putera bungsunya Kim Jong Un ke peringkat Jenderal bintang empat, yang dilihat oleh para pengamat sebagai upaya untuk memperpanjang satu-satunya dinasti keluarga komunis di dunia, untuk generasi ketiga.

Analis mengatakan, pasca meninggalnya Kim Jong Il, masih harus dilihat apakah akan terjadi perebutan kekuasaan di pucuk pimpinan antara para Jenderal Korea Utara, atau apakah akan berlangsung transfer kekuasaan yang mulus kepada putera bungsunya, Kim Jong Un.

sumber: http://www.voanews.com/indonesian/ne...135840228.html

cassiacute 19 Dec, 2011