Ayah Perokok Berisiko Sebabkan Anak Leukimia

SEBUAH penelitian yang diterbitkan di Australia, menyebutkan anak-anak yang ayahnya merokok berisiko terkena leukemia. Hal yang sama juga diteliti American Journal of Epidemiology yang mengungkapkan faktor kompleks yang menyebabkan anak-anak menderita acute lymphoblastic leukemia (ALL).

"Hasil penelitian menunjukkan ayah yang perokok berat, ketika melakukan pembuahan berisiko menghasilkan anak yang menderita leukemia," kata Tim Peneliti di Telethin Institute for Child Health Research Elizabeth Milne seperti dikutip Reuters.

Meskipun demikian dari data yang mereka dapatkan hanya tiga sampai lima anak dari setiap 100 ribu orang yang menderita leukemia.

Peneliti juga mengamati keluarga dari 300 anak yang menderita ALL dan menanyakan kebiasaan merokok yang dilakukan orang tua mereka. Perilaku merokok pada ibu tidak berisiko mengembangkan sel kanker ALL pada anak-anak. Justru ayah yang merokok sedikitnya 20 batang per hari, kemungkinan besar menularkan risiko terkena ALL pada anaknya.

Sudah ada sedikitnya sembilan laporan terkait peningkatan risiko ALL pada anak-anak. Profesor di University of California juga mengungkapkan paparan tembakau dan kanker pada anak telah diabaikan hingga saat ini. Dia menambahkan tembakau yang penuh racun mengandung karsinogen dan membuat kerusakan pada sel-sel yang memproduksi sperma. DNA sperma yang mengandung kerusakan bila berhasil membuahi sel telur dapat menyebabkan penyakit pada keturunannya.

Faktor lain yang berkesempatan besar berkembangnya ALL adalah radiasi x-ray dan paparan pestisida atau cat pada ibu hamil
sumber http://www.metrotvnews.com/read/news...ak-Leukimia/11
akibatnya kayak gini gan

[imagetag]
kalau ada yang tobat setelah melhat gambar ini ane minta:cendolbig:cendolbig:cendolbig

ujo.oioi 18 Dec, 2011