Ahmadinejad Anggap Negara Arab Sebagai Lelucon

TEHERAN - Iran menyatakan dukungannya terhadap keputusan Presiden Suriah Bashar al-Assad yang akan menandatangani inisiatif yang diajukan oleh Liga Arab. Inisiatif ini membuka jalan penyelesaian konflik Suriah.

Inisiatif tersebut mengizinkan para pemantau asing untuk memasuki Suriah guna memadamkan kekerasan di negara itu. Namun Iran mengusulkan agar Suriah tidak sepenuhnya bergantung pada Liga Arab.

"Sikap resmi Iran mengenai Suriah dan terkait inisiatif Liga Arab adalah kami mendukung apapun yang menjadi keputusan Presiden Suriah Bashar al-Assad." ujar Wakil Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdolahian dalam siaran tv berbahasa Arab, Al-Alam.

Meski jelas memberikan dukungan kepada Suriah, Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengkritisi cara Negara Arab menangani krisis di Suriah. Selama ini, Suriah memang dikenal sebagai sekutu terdekat Iran.

"Beberapa negara Arab mengatasi permasalah ini seperti sebuah lelucon," ucap Ahmadinejad seperti dikutip AFP, Selasa (20/12/2011).

"Beberapa negara ini bahkan tidak pernah melakukan pemilu, tetapi mereka berani mengajukan resolusi yang mengharuskan Suriah melakukan pemilu," jelasnya.

Sebelumnya pada hari Senin 19 Desember Suriah telah menandatangani perjanjian untuk mengizinkan pemantau asing masuk ke Suriah. Para pemantau ini nantinya akan mengawasi pelaksanaan rencana Liga Arab yang dirancang untuk menghentikan kekerasan di negara itu.
(faj)

http://international.okezone.com/rea...ebagai-lelucon


sombongnya si nejad

mentang mentang ilmu , Sumber daya manusia , persenjataan dan teknologinya di atas negara2 arab

bindexee 20 Dec, 2011