Iran Tangkap Mata-mata CIA Berkebangsaan Iran

sumber

Quote:

Jakarta - Pihak berwenang Iran telah menangkap seorang mata-mata CIA. Mata-mata yang bekerja untuk pihak Amerika Serikat tersebut ternyata berkewarganegaraan Iran. Negara Islam itu pun mengklaim telah sukses memenangkan perang mata-mata melawan Amerika Serikat.

Kementerian Intelijen Iran berkata jika mata-mata tersebut mendapatkan pelatihan di markas AS di Afganistan dan Irak, seperti dilansir Reuters, Sabtu (17/12/2011). Mata-mata tersebut diminta untuk memberikan informasi palsu kepada pihak intelijen Iran.

"Agen CIA berkebangsaan Iran ini memulai misinya setelah memerima pelatihan bersenjata. Ia telah diidentifikasi oleh para agen intelijen Iran dan misi mata-matanya pun terungkap," ujar Menteri Intelijen Iran, seperti dikutip oleh stasiun televisi lokal.

Menurut Menteri Intelijen Iran, mata-mata tersebut seharusnya memulai misinya dari pangkalan Bagram di Afghanistan. Namun agen intelijen Iran sengaja membantunya memasuki Iran dan kemudian menangkapnya.

Sebelumnya, pada bulan November 2011, pejabat dan mantan pejabat AS mengatakan kepada Reuters bahwa Iran telah sukses mengungkap identitas beberapa informan CIA.

Pada bulan Mei 2011, Iran berhasil menangkap 30 orang yang dicurigai melakukan kegiatan spionase untuk AS. Di Iran, hukuman mati menanti untuk siapa saja yang melakukan aksi mata-mata untuk pihak lain.
Iran makin kelihatan taring nya :o

J OnlY 17 Dec, 2011