Iran Hentikan Hubungan Dagang dengan UEA

Iran Hentikan Hubungan Dagang dengan UEA Gara-Gara Dubai Dukung Israel cs

REPUBLIKA.CO.ID, TEHRAN —Iran bersikap tegas pada negara Ti,ur Tengah yanh memjadi sekutu Israel cs. Kali ini Iran menyoroti langkah Uni Emirat Arab. iran memutus hubungan dagang dengan negara itu karena UEA setuju dengan Israel cs menerapkan sanksi atas Iran.

Demikian laporan Mehr dari Iran, Selasa. Kementerian Industri Pertambangan dan Perdagangan Iran memerintahkan menghentikan impor dari UEA dalam jangka waktu yang tidak ditentukan.

Bagi UEA ini bisa jadi pukulan ekonomi. Karena negara tersebut mengamdalkan Iran untuk membeli produknya. Ekspor UEA ke Iran besarnya empat kali lipat ketimbang impor Iran ke negara teluk itu. Dalam delapan bulan terakhir ekspor UEA ke Iran mencapai 12 miliar dolar.

Dari data statistok perdagangan ledua negara memang memperlihatkan kondisi berat sebelah. Ekspor UEA ke Iran mencapai belasan miliar dolar dalam delapan bulan terakhir sebaliknya ekspor Iran ke UEA hanya sekitar 3 miliar dolar AS.

Aksi boikot dagang ini merupakan lanjutan ketegangan di Timteng pascalaporan Badan Atom Internasional atas Iran bulan lalu. Israel cs menuding Iran punya senjata nuklir dan mereka bersiap menyerang Iran bila itu benar. Sementara Iran bersikukuh nuklirnya untuk kepentingan pulik bukan militer.

sumber: http://www.republika.co.id/berita/in...kung-israel-cs

komentar TS: lagi2 Iran bikin ulah,,dibom ae wis:bata

abdulcoy 21 Dec, 2011