Teknologi Fitur SMS Yaris, Picu Kecelakaan

VIVAnews - Toyota Motor Corporation (Toyota) memboyong sejumlah model dan konsep teranyar ke ajang Frankfurt Motor Show 2011. Satu di antara model terbaru yang cukup menarik publik adalah hatchback Toyota Yaris.

Selain tampil dengan desain yang lebih modern dan futuristik, Toyota Yaris juga mengenalkan sebuah fitur baru, yang mungkinkan pengemudi dapat mengirim pesan pendek alias SMS ketika mobil sedang berjalan.

Namun beberapa pihak menilai jika fitur tersebut dapat membahayakan keselamatan si pengemudi. "Orang-orang akan tertarik untuk mengirim pesan sehingga tidak memperhatikan jalan," kata AA road safety chief Andrew Howard seperti dilansir Auto Express, Senin 19 September 2011.

Kontroversi ini terjadi lantaran teknologi yang diaplikasi Toyota ini bukanlah sebuah teknologi yang mengingatkan para pengendara untuk fokus mengemudi, melainkan 'membiarkan' para pengguna mobil ini mengetik dan mengirim pesan melalui sebuah layar sentuh, setelah sebelumnya disambungkan dengan ponsel penggunanya.

Teknologi ini dikhawatirkan membuat para pengemudi tidak akan fokus di jalan, sehingga mengurangi tingkat keselamatan mereka.

Namun kritikan tersebut, dibantah Toyota. Mereka berdalih bahwa teknologinya jauh lebih aman bila dibandingkan membiarkan para pengemudi membalas pesan dari ponsel mereka sendiri.

"Pengguna harus bertanggung jawab atas tindakan mereka," kata seorang juru bicara Toyota.